22 April 2009

[1st IMPRESSION] Klipsch Image X10

agak telat sih, but what the hell lah, I'll just post this anyway :P


PART 1: in the car

tanggal 16 April kemarin, pagi hari, sehabis nganter nyokap ke airport, gw meluncur ke rumah seseorang, untuk ngambil barang yang dititipin buat gw pinjem... tepatnya, barang itu adalah IEM Klipsch Image X10... hehehe gak sabar... :D

pas keluar tol *CENSORED*, gw menuju ke arah *CENSORED*, sambil chat via YM dengan si bro misterius (selanjutnya disebut BM) via BlackBerry gw...

BM: udah sampe mana lu?
gw: udah keluar tol *CENSORED*, menuju *CENSORED*... kira-kira 15-20 menit lagi nyampe...
BM: deket lah dari situ, paling 10-15 menit juga sampe... ntar kabarin gw klo barangnya udah lu ambil...
gw: oke deh...
BM: btw, bawa DAP apa?
gw: iPod nano 1st...
BM: bawa laptop juga?
gw: bawa kok...
BM: good...


lho, kenapa nih si bro, kok nanyain gw bawa laptop ato ngga? hmmm... :-?

anyways... gak berapa lama, sesampainya di rumah BM, gw samperin satpam nya...

gw: "mas, mau ngambil titipan..."
satpam: "pak dhani ya?" (buset, kok gw dipanggil pak... gw masih muda woi!)
gw: "iya betul mas..."
satpam: "ini titipannya..." (sambil ngasih sebuah kantong kertas tebal yang bobotnya lumayan)
gw: "makasih mas..."
satpam: "sama2..."


masuk ke mobil, gw langsung copot selotip & secarik kertas bertuliskan "TO: DHANI" yang nutupin bagian atas kantong kertas itu. tergeletak sebuah kotak kecil, kayak kotak perhiasan, berlapis kulit sintetis, dengan logo Klipsch... gw buka kotaknya, gw keluarin IEM nya... wah ini toh yang namanya X10, pikir gw... kecil dan pipih, bentuk mirip Etymotic ER4, dan ada bi-flange bening size M (sesuai permintaan gw) udah nempel... asumsi gw, ini pasti drivernya BA, karena klo sekecil ini, ga mungkin dynamic driver bisa muat di dalemnya... kabelnya juga tipis banget, agak mengkhawatirkan, moga2 kuat nih kabelnya... jack nya 3.5mm, bentuk L gitu, tp keren deh, gak L menyudut 90 derajat, tapi lebih landai sudutnya, trus bentuk jack nya juga pipih membundar gitu...

trus mata gw beralih lagi ke dalam kantong kertas itu...
lho kok ada pouch hitam, ama AC adaptor?
setengah deg-degan, gw buka resleting si pouch hitam itu...
dan di dalamnya terdapat...

...iBasso D2 Viper berikut kabel USB! :D

gw kaget banget (hehehe lebay dikit gakpapa donk :P), bro yang satu ini gak tanggung-tanggung baiknya... gw dipinjemin IEM sekalian ama DAC/amp... :D
ternyata ini toh kenapa beliau nanyain gw bawa laptop ato ngga; maksudnya biar gw sekalian ngetest pake DAC...

selagi mobil melaju menuju kampus, gw langsung ambil nano gw dari tas, tancepin X10 deh... nyalain nano nya... Rockbox booting... gw cek Sound Settings; bass 0, treble 0, crossfeed OFF, EQ OFF, Stereo Width custom dengan setting 150%... balik ke menu utama, pilih Database, Artists, David Archuleta, pilih lagu A Little Too Not Over You, pencet Play... bismillahirrohmanirrohim...

loh kok suaranya mendem? :-?
suara cymbal di intro lagu ini, yang biasa terdengar menggelitik, kok malah terdengar tumpul... gak renyah, gak cring gitu... hmmm...
masuk ke lagu... loh kenapa suara Archuleta kek begini?
mendem, veiled, whatever you call it... suara kek terhalang sesuatu, gak lepas gitu...
waduh... apa-apaan nih...

coba ganti lagu... setel Fleurs Du Mal-nya Sarah Brightman...
lha?? kok gesekan biola nya mendem gini? ga ada emosi, SAMA SEKALI gak menyayat... gebukan drum waktu intro, yang biasanya bikin kaget klo pas baru nyetel lagu ini, juga ga kerasa... begitu vokal Brightman masuk... jahhh... lagi-lagi mendem... cape deh...

gonta-ganti lagu; cobain pake Michael Buble, Josh Groban, ama Sade... yah kok masih sama aja kek gini, mendem banget... bete ahhhh... (sekaligus bingung! :-?)
akhirnya gw sempet menyerah..., gw balikin X10 ke dalem kotak kulitnya, trus gw masukin ke dalem tas ransel, barengan ama D2 Viper, dan iPod nano gw... gak berapa lama kemudian, gw turun dari mobil, soalnya udah sampe kampus... dan gw buru2 jalan ke kelas...


PART 2: in the class... & lanjut to the library

di ruang 304 Kampus Anggrek Univ. Bina Nusantara...

masuk kelas, buka laptop, boot ke Windows XP...
tancepin D2 Viper ke USB, nyalain... loh kok gamau nginstall?
coba Remove Device, copot, tancepin lagi, nyalain...
yes! langsung nginstall, muncullah notification "Your hardware is installed and ready to use" :D

buka Foobar2000, coba pilih output "USB Audio Device", setel David Archuleta lagi...
loh kok suaranya ga keluar? waduh, kenapa lagi neh?
eh taunya, gw salah nancepin X10, gw tancepin ke jack input, pantesan gada suara :getok:
tancepin ke jack output, baru deh muncul suaranya :D

WOW KK WOW! ngga ada lagi mid ama treble yang veiled! sekarang jauh lebih open! :D

baru mau dihayati lagunya, eh temen gw udh mulai presentasi...
jadi terpaksa ditunda dulu...


kira-kira satu jam kemudian, di perpustakaan Kampus Anggrek...

keliling perpus bentar, cari-cari spot enak... wah kok udah penuh semua...
tapi memang Tuhan Maha Penyayang, umatNya yang ganteng ini memang sungguh disayang, karena gak berapa lama, dapet sebuah spot di meja yang deket ama colokan :D :D :D
langsung duduk, tancepin adaptor buat laptop...
booting ke OS X, tancepin D2 trus nyalain, volume diputar sampai arah jam 11...
tancepin X10 ke D2 (untung ga salah tancep lagi), switch gain disetel ke low...
okay, saatnya audisi serius...

track: David Archuleta - Touch My Hand (FLAC)
player: VLC
impresi: wow, gebukan drum di intro lagu ini mantep banget, punch terasa, dan tetap tight. dentingan piano dan cymbal crash terdengar cukup jelas dan tidak bercampur. vokal Archuleta terdengar open, lepas, berisi, tapi gak terlalu tebel, pas lah. konsonan "S" tidak terdengar adanya sibilance, tapi bukan berarti suaranya tumpul juga. bisa dibilang, vokal Archuleta di sini enak banget, gak tumpul tapi gak tajem.

track: Leona Lewis - Better In Time (FLAC)
player: VLC
impresi: dentingan piano terdengar baik, tapi kurang detailed, kurang 'ting' gitu suara pianonya. lalu disusul gebukan drum, wow, lagi-lagi gebukan yang mantep, punch yg kuat, tight, tapi pas, gak overpowering. vokal Lewis yang biasanya gw sebel dengernya karena sibilant, di sini gak terdengar sibilant. halus. body vokal, menurut gw, harusnya agak tipis, klo ketebelan kayak vokal cowok IMO... dan vokal juga kurang lepas dikit, hmmm...

track: Muse - Supermassive Black Hole (FLAC)
player: VLC
impresi: intro lagu yang berisi gebukan drum dan distorsi gitar, terdengar cukup mantep... cukup snappy. punch yang kuat (walaupun gw expect di lagu ini, punch bisa lebih kuat lagi), distorsi gitar juga terdengar bagus, tapi kurang gimana gitu, kurang menyengat distorsinya... vokal Matthew Bellamy, terutama di konsonan "S" terdengar tajam, tapi gak nyelekit di telinga. seperti di lagu-lagu sebelumnya, vokal tetap dengan body yang pas, gak terlalu kurus atau terlalu tebal. manteb. tapi pasti lebih manteb lagi kalau distorsi gitar bisa lebih menyengat...

track: Sarah Brightman - Fleurs Du Mal (FLAC)
player: VLC
impresi: lagi-lagi, gw dibikin kaget ama intro lagu ini, yang isinya gebukan drum ama gesekan biola. gebukan drum manteb, tapi gesekan biola kurang menyayat, dan terdengar sedikit kurang detailed... vokal Brightman tebelnya pas, seksi banget (apalagi pas melengking), tapi lebih enak klo bisa lebih lepas lagi... begitu vokal choir nya masuk, wow, cukup membahana, tapi gak lepas banget... overall, cukup dapet lah suasana lagu symphony nya, IMO... (walaupun klo seandainya bisa lebih airy lagi, tapi dengan punch bass yg sama kuat, dan dengan treble yang lebih detailed, pasti lebih nikmat...)

track: Bassotronics - Bass, I Love You (MP3 320kbps)
player: iTunes
impresi: kicauan burung terdengar jelas, bass nya... damn... punch yang kuat, DEEP, dan PUNYA BOBOT. tiap kali suara bass muncul itu berasa kayak gajah nginjekin kaki, begitu suara bass ilang berasa kayak gajah itu ngangkat kakinya, dan begitu suara bass muncul lagi berasa kayak si gajah kembali nginjekin kaki... wow.

track: Craig David - Insomnia (MP3 192kbps)
player: iTunes
impresi: bass terasa banget punch nya, gak bleberan, alias tight... dan bass juga gak keteteran! vokal David agak sibilant, tapi gw rasa sih ini pengaruh bitrate yg relatif rendah... tapi what the hell with vokal, yang penting bass nya. wow. wow. gw berasa pengen goyang di perpustakaan!

track: Petey Pablo - Show Me The Money (MP3 236kbps VBR)
player: iTunes
impresi: yang pernah nonton film Step Up, pasti kenal ama lagu ini. lagi-lagi, kualitas bass patut diacungi jempol. punch yang kuat tapi pas sekaligus tight. vokal Pablo pas banget body nya. gesekan biola juga terdengar baik walopun kurang detailed; di lagu ini, gesekan biola yang gak terlalu menyayat, malah menjadi poin plus, karena jadi pas banget lagunya.

track: Dave Koz - The Pink Panther (MP3 240kbps VBR)
player: iTunes
impresi: separasi instrumen terdengar baik, tiap instrumen gak tumpang tindih, tapi gak terlalu 'terpisah' juga. bisa dibayangkan kira-kira dimana letak tiap instrumen. staging juga terasa cukup lebar untuk ukuran IEM. tiupan saxophone gak terdengar tipis ato terlalu tebel, pas lah tiupannya, dan terdengar cukup lepas. tiupan trumpet terdengar pas, gak nyelekit di telinga. tapi cymbal crash agak kurang mantep decay nya, IMO... coba dengerin lagu ini, tutup mata, trus bayangin intro film Pink Panther..., dijamin pengen ketawa-ketawa sendiri, hihihi...

track: Michael Buble - Me and Mrs. Jones (ALAC)
player: VLC
impresi: sekarang, coba merem lagi. bayangin setting tahun '50-60an, di sebuah lounge, ada Buble dan big band-nya nyanyi di panggung, orang-orang yang rambutnya masih pada klimis, dan semua itu difilmkan black-and-white alias hitam putih... dapet banget mood nya. vokal Buble cukup full, gak ketebelan, walopun *sedikit* veiled IMO. separasi instrumen baik, dan staging yang baik pula, bikin suasana lounge jaman baheula makin kerasa.

track: Yanni - Santorini (FLAC)
player: VLC
impresi: di lagu seperti ini, harus diakui bahwa sesakti-saktinya staging IEM, tetep harus tunduk ama staging K501 (ya eyalaaaah masa ya eyaaadong)... terlepas dari fakta bahwa staging X10 cukup lebar (dan bisa dibilang baik!), tapi tetep, ga bisa bikin lagu ini berasa megah banget, layaknya di dalam sebuah concert hall... suara tepuk tangan penonton juga terdengar kayak suara rintik hujan, kurang oke tepukannya, terdengar kayak klepek klepek klepek (rada mendem gitu), bukan plok plok plok (renyah)... walopun gitu, gw suka ama separasi instrumen (yang notabene terbilang rapih dan gak berlebih pemisahannya) dan impact yang bisa diberikan, pas banget buat lagu ini. details juga cukup baik, walau seandainya, bisa lebih sparkly...


hmmm... so far, impresi overall gw terhadap X10 ini adalah:
* warm sounding
* bass impact yang cukup kuat, memiliki bobot, dan deep juga
* bass quality yang baik alias tight
* details bagus, tapi kurang sparkly
* vokal sedikit upfront
* microphonics nya kerasa! jadi jangan dipake jalan2 deh :P

foto dan spesifikasi teknis:

*picture courtesy of www.audiojunkies.com*

frequency response: 5Hz – 19kHz
sensitivity: 110 dB SPL/mW (1mW)
nominal impedance: 50 ohms
drive components: Full Range KG 926
enclosure material: Aluminum body; 50" vinyl cable
input connections: 3.5mm
dimensions: Packaging: 7.25” H x 5” W x 3.5” D
weight: 0.353 oz., 10 grams
accessories: Faux-leather carrying case and compact pouch; ¼-inch adaptor; airline adaptor; five sets of ear gels; ear gel cleaning tool
finishes: Anodized copper [/spoiler]

19 January 2009

Sepatu Baru, Alhamdulillah :D

udah beberapa bulan terakhir ini, entah kenapa, gw seneng banget ama sepatu putih yg strap-nya pake velcro. waktu lebaran kemaren, gw sempet beli Puma Ryu V di Planet Sports PIM, dan sepatu ini gw pake khusus buat naik mobil, kuliah, ama ngegym. sayang ah kalo buat naik motor :P

tapi kemudian, entah kenapa, lagi-lagi gw berniat untuk nambah sepasang lagi sepatu di rak sepatu gw (yang dihuni 4 pasang Converse, 2 pasang Puma, 1 pasang Ellesse, 1 pasang Geox, & 1 pasang Umbro). biarin deh emak gw ngomel-ngomel liat rak sepatu gw, hahahaha.
(padahal sendirinya jg sepatunya banyak. huuuuu! :P)

akhirnya gw browsing sana-sini, dan seperti biasa, Forum Jual Beli Kaskus jadi salah satu tempat gw buat mencari sepatu idaman. browsing punya browsing, page demi page gw jelajahi... eh ketemu lapak temen kampus gw, Raymond Setia Perdana, yg lapaknya bernama Mycheapershoes. lapak ini spesialis jualan sepatu replika berkualitas bagus. wah, oke juga nih, gw pikir.

liat punya liat, yahhh kok gada yg pake velcro? hiks :(
akhirnya gw PM si juragan lapak, gw minta dikabarin klo ada sepatu ber-velcro warna putih... ehhh sekitar 2 minggu yg lalu, dia ngabarin, ada replika Pony putih yg pake tiga strap velcro... gw liat gambarnya, wahhh mantep!

hari Jumat (16/1), langsung gw pesen & transfer ke dia, ga pake lama.
dijanjiin barang bakal nyampe hari Sabtu siang. wah seru nih, bisa gw pake malem mingguan :P
eh tunggu punya tunggu, lho kok blom dateng juga barang gw sampe malem??
ternyata, katanya kurirnya libur hari minggu... ooo pantes...

siang ini, sekitar 20 menit yg lalu, kedengeran ada suara motor di depan rumah gw, dan bunyi bel pagar dibunyiin. pasti ini paket gw!
bener aja, ternyata itu dia si kurir sepatu.
gw terima paketnya, bawa masuk ke rumah, bongkar bungkusnya...
langsung coba pake tanpa kaos kaki...

wuih mantep! sepatunya enteng bgt, lentur jg, enak bgt gw pake buat lari-larian keliling rumah... wakakakakak...
build quality jg bagus; gw perhatiin sekeliling sepatu, ga terlihat ada benang lepas, lem kendor, kulit yg potongannya kasar, ato masalah lain...


ini dia fotonya:








overall, dengan harga 175 ribu (sepatu + ongkir), gw puas banget...
sepatu ini bakal jadi salah satu sepatu yg sering gw pake... hehehehehe...

untuk selanjutnya, gw berencana pengen pesen replika Adidas Ronero putih dari si juragan... dan abis itu, kayaknya gw harus beli rak sepatu baru... hahahahaha :P

01 January 2009

Tahun baru, baru posting... Lho kok?

First of all, gw pengen mengucapkan Selamat Tahun Baru 2009 bagi yang merayakan...
Bagi yang tidak merayakan, gw juga mengucapkan... Selamat Tahun baru 2009.
*langsung disorakin "iiiiih Dhani jayus iiiiihhh!"*


Oh well. Setelah sekian lama (6 bulan tepatnya), akhirnya gw baru bisa menyempatkan diri untuk mulai posting lagi di blog alias buku harian online tercinta gw ini. Selama 6 bulan terakhir di tahun 2008, banyak banget kesibukan dan berbagai hal yg menyita waktu gw. Diantaranya kuliah -ujian, tugas, presentasi, dll- (alibi ahhh, padahal sebenernya nitip absen doang, tugas juga cuma copy-paste, presentasi cuma numpang tampang), kecelakaan motor (yup gw sempet mengalami kecelakaan motor yg membuat kaki kiri gw bengkak & akhirnya gw diungsikan ke Haji Naim), fitness (kesibukan baru yg gw tekuni dari bulan Juni 2008 sampai sekarang), dan masih banyak lagi...

Belom lagi, mainan-mainan baru gw. Menjelang akhir tahun 2008, gw mulai serius menekuni dunia portable audio, thanks to audiophile-id.com atas racunnya... Walopun beracun tapi gw sangat menikmati racun yang membunuh (dompet) gw perlahan-lahan... Dan juga, pada bulan Desember 2008, gw memutuskan untuk menambah koleksi mainan gw dengan sebuah Blackberry 8700g. Makin banyak mainan, makin banyak kesibukan... Makin terlantar ntar blog gw... Hehehe ngga ding, becanda kok, moga-moga ngga terlantar lagi yah! ;)

Gw berharap, di tahun 2009 ini gw bisa lebih memperkaya blog gw dengan berbagai tulisan pribadi gw, baik sebuah artikel (singkat maupun panjang), maupun hanya sekedar tips-n-trick (dari berbagai dunia yang gw tekuni saat ini). Gw jg berharap di tahun ini ada kamera digital jatuh dari langit (moga-moga dapet EOS 5D lengkap dengan berbagai lensa, amiiin), jadi gw bisa mengabadikan berbagai momen dari event-event yang gw ikuti/hadiri, serta untuk mendokumentasikan berbagai kreasi dan/atau utak-atik iseng gw. Post di blog akan lebih afdhol kalo disertai dengan foto-foto, bukan begitu? :D

Well, di paragraf terakhir ini, gw mengucapkan terima kasih atas perhatiannya, terima kasih juga buat yang udah blog-walking ke blog gw, terima kasih buat yang udah linking ke blog gw, terima kasih buat yang udah posting di shoutbox, dan berbagai terima kasih lainnya yang tidak bisa gw sebutkan satu demi persatu...

Sekali lagi terima kasih (banyak amat!), dan... Happy blogging :)

18 June 2008

2 Girls 1 Cup...??!!

THIS IS A PUBLIC SERVICE ANNOUNCEMENT.
WARNING: VISIT THE SITE AT YOUR OWN RISK!
YOU HAVE BEEN WARNED.



well, check out the site:

http://www.2girls1cup.com/


and tell me how you reacted to it! LOL LOL LOL

11 June 2008

Independence Day

pernah nonton film Independence Day? film yang dirilis tahun 1996 ini, bercerita tentang penyerangan alien ke Bumi, dimana kehidupan manusia terancam karena serangan itu, dan umat manusia bersatu untuk melawan alien.

mendadak tadi sore gw teringat ama film ini, karena film ini adalah salah satu all-time favourite gw... tepatnya, gw teringat ama pidato sang Presiden (Bill Pulman) sesaat sebelum pertarungan di udara dimulai. tiap kali gw inget kata-kata di pidato ini, entah kenapa gw terdiam, tersentuh, bergetar, terkesima,..., duh... susah jelasinnya...

ini dia video pidato sang Presiden:


dan ini text-nya:

Good morning.

In less than an hour, aircraft from here will join others from around the world. And you will be launching the largest aerial battle in the history of mankind.

"Mankind."

That word should have new meaning for all of us today.

We can't be consumed by our petty differences anymore. We will be united in our common interests. Perhaps it's fate that today is the Fourth of July, and you will once again be fighting for our freedom... Not from tyranny, oppression, or persecution... but from annihilation. We are fighting for our right to live. To exist.

And should we win the day, the Fourth of July will no longer be known as an American holiday, but as the day the world declared in one voice:

We will not go quietly into the night!
We will not vanish without a fight!
We're going to live on!
We're going to survive!

Today, we celebrate our Independence Day!